Impact of Service Quality on Customer Satisfaction and Loyalty in Indonesia’s Water Providers: Literature Review

Isi Artikel Utama

Azka Azizi Fadillah
Afina Putri Vindiana
Annuridya Rosyidta Pratiwi Octasylva
Edward Sahat Tampubolon

Abstrak

Tinjauan pustaka ini membahas pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada penyedia layanan air bersih, dengan fokus khusus pada tantangan yang dihadapi oleh penyedia layanan tersebut di Indonesia. Kualitas layanan, yang mencakup dimensi-dimensi seperti bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati, memainkan peran penting dalam menentukan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Studi ini menganalisis penelitian sebelumnya untuk menyoroti dampak dimensi-dimensi ini terhadap persepsi dan loyalitas pelanggan. Studi ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh penyedia layanan air bersih, termasuk masalah-masalah seperti distribusi air yang tidak merata, kebocoran pipa, ketidakakuratan dalam pembacaan meteran air, dan keterlambatan dalam menanggapi keluhan pelanggan. Tinjauan ini menekankan pentingnya meningkatkan kualitas layanan melalui pelatihan karyawan, meningkatkan transparansi, dan memanfaatkan teknologi untuk melayani pelanggan dengan lebih baik. Temuan tinjauan ini memberikan rekomendasi bagi penyedia layanan air bersih untuk meningkatkan kualitas layanan, yang pada akhirnya meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Affandi, H. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA MON PASE KABUPATEN ACEH UTARA. Jurnal Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala.

Anggarawati, I. R. (2021). PENGARUH

KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PDAM TIRTA MARTA YOGYAKARTA. Jurnal Indonesia Sains.

Anggraini, N. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AIR BERSIH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA BENTENG KOTA TANGERANG. Spektrum.

Hidayat, A. S. (2021). PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF KUALITAS PELAYANAN CONTACT CENTER TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN (SURVEI PADA PELANGGAN PERUMDAM TIRTA KERTA RAHARJA KABUPATEN TANGERANG). JOM FIKOM Budiluhur.

Kumar. (2004). BUILDING AND SUSTAINING PROFITABLE CUSTOMER LOYALTY FOR THE 21ST CENTURY. Journal Of Retailing.

Muta'ali. (2024). KUALITAS PELAYANAN PENYEDIAAN AIR BERSIH PADA PERUSAHAAN. Journal Of PublicPolicy and Administration Research.

Oliver. (2004). COGNITIVE MODEL OF THE ANTECEDENTS AND CONSEQUENCE OF SATISFACTION DECISION. Journal Of Marketing Research.

Pahlawan, M. R. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENINGKATAN KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA MAKASSAR. Journal Of Business Administration.

Pradhyksa. (2021). PENGATURAN PENDAYAGUNAAN SUMBER AIR DALAM UNDANG-UNDANG CIPTA KERJA DAN KORELASINYA PASAL 33 UUD 1945. Journal Of Islamic Science, Culture, and Social Studies.

Rawung. (2023). EFEKTIVITS PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) DALAM PENINGKATAN. Jurnal Governance. Riyanto, A. (2018). IMPLIKASI KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PDAM CIBADAK SUKABUMI. Jurnal Ecodemia.

Salman, A. B. (2022). PENGARUH DISTRIBUSI AIR BERSIH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PERUSAHAAN UMUM DAERAH (PERUMDA) AIR MINUM TIRTA DANAU TEMPE KABUPATEN WAJO. Journal Of Economi.