Analisis Teknikal Saham Kontruksi di Indonesia

Main Article Content

Annuridya Octasylva

Abstract

Indeks LQ45 terdiri dari 45 saham-saham aktif di BEI. Sektor saham konstruksi adalah salah satu sektor vital bagi negara. Analisis saham terbagi menjadi dua, yaitu analisis teknikal dan analisis fundamental. Analisis teknikal sendiri adalah analisis yang mengasumsikan bahwa harga saham telah merefleksikan semua informasi tentang perusahaan tersebut. Indikator utama dalam analisis teknikal adalah grafik, salah satunya adalah grafik candlestick. Agar akurat dalam menentukan keputusan investasi saham maka digunakan pendekatan rasio fibonacci dan stochastic oscillator. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Pergerakan harga saham perusahaan konstruksi BUMN yang berada pada LQ45 Periode 2018 dengan menggunakan grafik candlestick secara umum mengalami trend menurun. (2) Setiap saham dari konstruksi BUMN pada LQ45 periode 2018 memiliki level support dan resistance yang berbeda-beda. (3) Dengan menggunakan indikator stochastic oscillator semua saham konstruksi BUMN pada LQ45 periode 2018 berada pada normal zone.


 

Article Details

Section
Articles

References

D. S. Kodrat, Manajemen Investasi: Pendekatan Teknikal dan Fundamental untuk Analisis Saham, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

J. C. Brooks, Mastering Technical Analysis, McGraw-Hill Professional, 2006.

S. B. Achelis, Technical Analysis from A to Z., The McGraw-Hill Company, 1995.

B. E. Indonesia, “Pengantar Pasar Modal,” Bursa Efek Indonesia, 2018. [Online]. Available: https://www.idx.co.id/investor/pengantar-pasar- modal/. [Diakses 14 Januari 2020].

B. E. Indonesia, "Saham," Bursa Efek Indonesia, 2018. [Online]. Available: https://www.idx.co.id/produk/saham/. [Accessed 14 Januari 2020].

L. Steven, Essential Technical Analysis, Tools and Technique to Spot Market Trends, John Wiley & Sins, Inc, 2002.

K. Ahmad, Dasar-Dasar Manajemen Investasi, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Anonim, 2012.

M. W. K. Putra, "Analisis Teknikal Pergerakan Saham Individual Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar Pada LQ45 Dengan Menggunakan Indikator Candlestick, Pendekatan Rasio Fibonacci dan Analisis Fuzzy Logic," p. 16, 2013.

A. Budiman, Teori Pembangunan Dunia Ketiga, Jakarta: PT. Gramedian Pustaka Utama, 1995.

R. Fischer, Candlestick, Fibonacci, and Chart Pattern Trading Tools, John Wiley & Sons, Inc, 2003.

R. Filbert, Workbook Analisis Teknikal, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2019.

"Indopremier," Ipotnews, 2019. [Online]. Available: https://www.indopremier.com. [Accessed 14 Januari 2020].