Efektivitas Sistem Double Skin Dalam Menahan Radiasi Matahari Pada Fasad Bangunan The Effectiveness of the Double Skin System in Refraining from Solar Radiation on Building Facades

Main Article Content

Aliviana Demami
Fuad Rizal

Abstract

Kualitas kenyamanan termal dalam ruang pada suatu bangunan dipengaruhi banyak aspek, mulai dari skala makro seperti kondisi cuaca dan lingkungan hingga skala mikro seperti orientasi bangunan, letak ruang, dan material bangunan yang digunakan. Suhu udara memiliki peran dominan terhadap kualitas kenyamanan termal dalam ruang. Intensitas suhu udara itu sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor terutama intensitas radiasi matahari yang diterima oleh bangunan. Radiasi matahari dapat diantisipasi oleh beberapa cara, namun untuk mengetahui cara yang tepat untuk mengantisipasi radiasi matahari tersebut perlu dilakukan kajian terhadap aspek-aspek tersebut diatas. Untuk mengetahui secara pasti tingkat efektivitas dari usulan solusi yang ditawarkan, perlu dilakukan pembuktian melalui rumus ataupun pemanfaatan aplikasi yang tepat terhadap beberapa parameter terkait hingga ditemukan rumusan yang tepat, sesuai dengan situasi,  dan kondisi objek penelitian terpilih.

Article Details

Section
Articles

References

A. Auliciems and S. Szokolay, Thermal Comfort, PLEA International University of Queensland, 2007.

M. Nugroho, "A Preliminary Study of Thermal Environment in Malaysia‘s Terraced House," Journal and Economic Engeneering, 2011.

T. H. Karyono, Arsitektur Tropis, Jakarta: Erlangga, 2016.

V. Olgyay, Design with Climate : Bioclimatic Approach to, Princenton University Prees, 1963.

Sugini, Kenyaman Termal Ruang (Konsep Penerapan pada Desain), Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Sangkertadi, Kenyaman Termis di Ruang Luar Beriklim Tropis Lembab, Bandung: Alfabeta, 2013.

B. Talorosha, "Menciptakan Kenyamanan Thermal dalam Bangunan," Jurnal Sistem Teknik Industri, vol. 6, p. 148, 2005.

B. Yuumono, Pengaruh Orientasi Bangunan Terhadap Kemampuan Menahan Panas Pada Rumah Tinggal di Perumahan Wonorejo Surakarta, Semarang: Universitas Dipenogoro, 2007.

D. M. Egan, Concept in Thermal Comfort, London Prentiss Hall International, 1975.

G. Lippsmeier, Bangunan Tropis, Jakarta: Erlangga, 1997.

SNI 03-6572-2001, Tata Cara Perencanaan Sistem Ventilasi Dan Pengkondisian Udara Pada Bangunan Gedung, 2001.

F. Rizal, Gambar Kerja Rumah Tinggal, 2022.

BPS Kota Tangsel, "Badan Pusat Statistik Kota Tangerang Selatan," 2021. [Online]. Available: https://tangerangkota.bps.go.id/subject/151/iklim.html#subjekViewTab3.