Rancangan Dan Analisis Capaian Kompetensi Lulusan Dengan Metode Quality Function Deployment

Main Article Content

Mutiara Eka Puspita

Abstract

Perancangan  capaian kompetensi  tambahan lulusan seringkali  dibuat oleh  lembaga  pendidikan  secara  satu  pihak  saja  tanpa  mengadakan  pengkajian  kepada pengguna  lulusan  mengenai  apa saja sebenarnya  yang dibutuhkan  pada dunia kerja maupun  terlalu fokus pada apa yang diharapkan   pengguna  lulusan  tanpa  memperhatikan apakah  kekuatan  internal  institusi  dan  lulusan  dapat  memenuhinya.  Capaian  kompetensi lulusan yang didapatkan di lingkungan pendidikan pun seharusnya tidak hanya berupa teori yang   hanya   menilai   sisi  intelektual   seseorang   (IQ).   Namun   juga   harus   menyangkut kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ). Oleh sebab itu, sangat penting diadakan  penelitian  dalam perancangan  capaian kompetensi  lulusan  yang  mempertimbangkan   kekuatan  internal  lulusan  dan  kebutuhan pengguna lulusan berlandaskan IQ, EQ dan SQ. Penelitian  ini  menggunakan metode  penelitian  kualitatif  dengan  teknik  pengumpulan  data  dilakukan  dengan  tiga cara yakni  wawancara,  observasi  dan  studi  dokumentasi.  Pemilihan  metode  kualitatif  dengan Quality Function Deployment dengan alat analisis berupa House of Quality. Melalui metode tersebut, capaian kompetensi lulusan dan kebutuhan pengguna lulusan dapat diintegrasikan sehingga menghasilkan suatu rancangan capaian kompetensi lulusan yang sesuai. Terdapat 5 karakteristik teknis yang perllu mendapat perhatian yaitu organisasi mahasiswa (16,52%), dosen yang handal (15,58%), komunikasi yang baik (15,52%), Kurikulum yang terintegrasi (12,77%) dan aktivitas spiritual (7,23%).


 

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Mutiara Eka Puspita, Institut Teknologi Indonesia

Management

References

Agustian, A.G. 2003. Rahasia Sukses membangun ESQ Power, Sebuah Inner Journey Melalui Ihsan. Jakarta: Penerbit Arga

Bambang, Raja Sutikno. 2010. The Power of 4Q for HR and Company Development. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Bungin, M. Burhan, 2007, Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana

Cresswell, John. W, 2010, Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Foster, S.Thomas. 2004. Managing Quality. Pearson Educating Internasional.

Ghony, M.D, dan Almanshur, F. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Goetsch, L. David & Davis, B. Stanley. 2009. Quality Management (4th ed). New Jersey: Prentice Hall

Hauser, John R. & Clausing, Don. 1988. The House Of Quality. Harvard Business Review. 4-

Heizer,Jay & Render, Barry. 2006. Manajemen Operasi (edisi ketujuh). Jakarta : Salemba Empat.

Paisal dan Susi Anggraeni. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual

Terhadap Kinerja Karyawan Pada Lbpp-Lia Palembang. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis ISSN: 2085-1375 Edisi Ke-IV, Nopember. Diakses tanggal 13 Juni 2017. Permendikbud No 81 Tahun 2014

Sanusi, Uci. 2013. Pembelajaran Dengan Pendekatan Humanistik. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim Vol 11 No 2. Diakses pada tanggal 13 Juni 2017

Sekaran,Uma. 2006. Reseach Method For Business : Metode Penelitian Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.

Stevick, Humanism in Language Teaching. (New York: Oxford University Press, 1991), hlm.23-24. Diakses tanggal 13 Juni 2017.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Supriyadi, Ende. 2011. Pendidikan dengan Pendekatan Humanistik, makalah.Cianjur: t.p

Tobroni. 2008. Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualitas. Malang: UMM Press.

Vendy, Tri Leo. 2010. Brilliant @work for leader menjadi pemimpin brilian dalam pekerjaan dan kehidupan anda. Yogyakarta : Pohon Cahaya.

Victor Serebriakoff dan Steven Langer. 1999. Teslah IQ Anak Anda. Jakarta: Harmoni

Wijaya, Tony. 2011. Desain QFD Dalam Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: Indeks.

Zohar, D. & Marshall, I. 2001. SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam berfikir Integralistik dan Holistik untuk memaknai kehidupan. Bandung: Mizan