Rancangan Dan Analisis Capaian Kompetensi Lulusan Dengan Metode Quality Function Deployment
Main Article Content
Abstract
Perancangan capaian kompetensi tambahan lulusan seringkali dibuat oleh lembaga pendidikan secara satu pihak saja tanpa mengadakan pengkajian kepada pengguna lulusan mengenai apa saja sebenarnya yang dibutuhkan pada dunia kerja maupun terlalu fokus pada apa yang diharapkan pengguna lulusan tanpa memperhatikan apakah kekuatan internal institusi dan lulusan dapat memenuhinya. Capaian kompetensi lulusan yang didapatkan di lingkungan pendidikan pun seharusnya tidak hanya berupa teori yang hanya menilai sisi intelektual seseorang (IQ). Namun juga harus menyangkut kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ). Oleh sebab itu, sangat penting diadakan penelitian dalam perancangan capaian kompetensi lulusan yang mempertimbangkan kekuatan internal lulusan dan kebutuhan pengguna lulusan berlandaskan IQ, EQ dan SQ. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yakni wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Pemilihan metode kualitatif dengan Quality Function Deployment dengan alat analisis berupa House of Quality. Melalui metode tersebut, capaian kompetensi lulusan dan kebutuhan pengguna lulusan dapat diintegrasikan sehingga menghasilkan suatu rancangan capaian kompetensi lulusan yang sesuai. Terdapat 5 karakteristik teknis yang perllu mendapat perhatian yaitu organisasi mahasiswa (16,52%), dosen yang handal (15,58%), komunikasi yang baik (15,52%), Kurikulum yang terintegrasi (12,77%) dan aktivitas spiritual (7,23%).
Article Details
References
Agustian, A.G. 2003. Rahasia Sukses membangun ESQ Power, Sebuah Inner Journey Melalui Ihsan. Jakarta: Penerbit Arga
Bambang, Raja Sutikno. 2010. The Power of 4Q for HR and Company Development. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Bungin, M. Burhan, 2007, Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana
Cresswell, John. W, 2010, Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Foster, S.Thomas. 2004. Managing Quality. Pearson Educating Internasional.
Ghony, M.D, dan Almanshur, F. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Goetsch, L. David & Davis, B. Stanley. 2009. Quality Management (4th ed). New Jersey: Prentice Hall
Hauser, John R. & Clausing, Don. 1988. The House Of Quality. Harvard Business Review. 4-
Heizer,Jay & Render, Barry. 2006. Manajemen Operasi (edisi ketujuh). Jakarta : Salemba Empat.
Paisal dan Susi Anggraeni. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual
Terhadap Kinerja Karyawan Pada Lbpp-Lia Palembang. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis ISSN: 2085-1375 Edisi Ke-IV, Nopember. Diakses tanggal 13 Juni 2017. Permendikbud No 81 Tahun 2014
Sanusi, Uci. 2013. Pembelajaran Dengan Pendekatan Humanistik. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim Vol 11 No 2. Diakses pada tanggal 13 Juni 2017
Sekaran,Uma. 2006. Reseach Method For Business : Metode Penelitian Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.
Stevick, Humanism in Language Teaching. (New York: Oxford University Press, 1991), hlm.23-24. Diakses tanggal 13 Juni 2017.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Supriyadi, Ende. 2011. Pendidikan dengan Pendekatan Humanistik, makalah.Cianjur: t.p
Tobroni. 2008. Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualitas. Malang: UMM Press.
Vendy, Tri Leo. 2010. Brilliant @work for leader menjadi pemimpin brilian dalam pekerjaan dan kehidupan anda. Yogyakarta : Pohon Cahaya.
Victor Serebriakoff dan Steven Langer. 1999. Teslah IQ Anak Anda. Jakarta: Harmoni
Wijaya, Tony. 2011. Desain QFD Dalam Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: Indeks.
Zohar, D. & Marshall, I. 2001. SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam berfikir Integralistik dan Holistik untuk memaknai kehidupan. Bandung: Mizan