Perancangan dan Pengembangan Aplikasi Helpdesk Berbasis Web dengan Fitur Manajemen Keluhan untuk Tim IT Akang Group Design and Development of A Web-Based Helpdesk Application with Complaint Management Features for The Akang Group IT Team
Isi Artikel Utama
Abstrak
Peran tim IT perusahaan Akang Group tidak hanya sekedar memastikan infrastruktur teknologi berjalan dengan baik, tetapi juga harus siap menangani berbagai permasalahan teknis yang dihadapi pengguna secara cepat. Kendala komputer, jaringan, perangkat pendukung (printer, scanner) dan sistem pendukung operasional sering mengalami kendala. Seperti perangkat komputer atau jaringan yang bermasalah atau penambahan menu dan promo di toko atau restoran terhambat akibat miskomunikasi antar divisi. Saat ini, keluhan dan permintaan masih disampaikan secara manual melalui aplikasi pesan singkat atau secara verbal, yang tidak terstruktur dan berpotensi menyebabkan miskomunikasi. Untuk mempercepat penanganan keluhan dan permintaan serta menjaga kelancaran operasional, diperlukan sistem helpdesk yang dapat digunakan oleh seluruh divisi, bukan hanya tim IT. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan prototype, karena memungkinkan proses yang lebih cepat dan umpan balik segera dari pengguna untuk perbaikan sebelum sistem final dirilis. Menggunakan sistem helpdesk ini, keluhan dan permintaan akan ditangani lebih cepat, dan progres pengerjaannya dapat dipantau oleh pengguna maupun manajemen.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright for articles in this journal are retained by the author(s), with first publication rights granted to the journal. By virtue of their appearance in this open access journal, articles are free to use with proper attribution in educational and other non-commercial settings.Referensi
Yosua Liharja, Ani Oktraini Sari, Arief Satriansyah. “Rancang Bangun Sistem Informasi Helpdesk IT Support Berbasis Website,” dalam Jurnla Informatika dan Teknologi, Vol. 5 No. 1, Januari 2022, hlm. 157-166.
Nuzul Imam Fadlilah, Pudji Widodo, dan Toip Hidayatulloh. “Pengembangan Sistem IT Helpdesk Berbasis Android Di Disaster Recovery Center Kospin Jaya Purbalingga,” J-INTECH (Journal of Information and Technology). Tersedia di: https://jurnal.stiki.ac.id/J-INTECH/article/view/993/688
Desember 2023].
Lilis Emalia, Yudhi Yanuar, Maryam. “Perancangan Sistem Informasi Registrasi KK Dan KTP Berbasis Web Di Kecamatan Kiaracondong Bandung,” Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informasi (JURASIK), Vol. 8 No. 1, hlm 9-17. Tersedia di:
http://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jurasik/article/view/536 [Februari 2024].
Lukman Hakim, Muhammad Nur Alamsyah, Budi Santoso. “Aplikasi Help Desk Berbasis Web Mobile Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Lubuklingau,” Jurnal Sistem Komputer Musi Rawas, Vol. 8 No. 2. Tersedia di: http://jurnal.univbinainsan.ac.id/index.php/jusikom/article/view/2143 [29 Januari 2024]
SH Bariah, dan D Pradina. “Implementasi SDLC Model Prototype Pada Sistem Informasi Company Profile SMP PGRI Bungbulang Berbasis Webstie,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Informasi, Vol. 10 No.1. Tesedia di:
https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/1030 [Februari 2024].