Peningkatan Kualitas Pelayanan dengan Penerapan Metoda Service Quality pada CV ShoeLifee
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perubahan pola hidup masyarakat saat ini dengan kesibukan beraktivitas rutin diluar rumah, akan cendrung untuk membeli jasa untuk kegiatan londry. Fenomena ini membuka peluang usaha londry sepatu yang menjanjikan. Persaingan industri londry sepatu semakin ketat , menuntut perusahaan shoeLifee harus selalu melakukan perbaikan proses dan pelayanannya untuk memenangkan pangsa pasar. Perusahaan harus bersetrategi disamping menjaga mutu produk, pelayanan prima serta harus mengikuti perkembangan teknologi ,serta promosi yang optimal dengan berbagai media.
Pengukuran kepuasan konsumen untuk menguji pengaruh service quality dari variabel reliability, assurance, tangibles, empathy dan responsivinees terhadap variabel customer satisfaction. Hasil menunjukkan variable Assurance dan Empathy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel Responsivinees, Reliability dan Tangibles tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Keseluruhan hasil pengukuran kepuasan konsumen bahwa belum dapat memediasi pengaruh variabel Responsivinees, Reliability dan Empathy terhadap layanan jasa cuci sepatu ShoeLifee.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright for articles in this journal are retained by the author(s), with first publication rights granted to the journal. By virtue of their appearance in this open access journal, articles are free to use with proper attribution in educational and other non-commercial settings.Referensi
Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality &
satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan
Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo
Press. .
Griffin, Customer Loyalty, Jakarta:
Penerbit Erlangga, 2005.
Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi
Pemasaran. Edisi ketujuh. Yogyakarta :
Andi.
J. P. Satya Tripayana, "Kualitas Produk,
Pelayanan, Dan Loyalitas Pelanggan
Dimana Kepuasan Sebagai Variabel
Intervening Pada UKM Start Up
Pariwisata Kombuchi Brewing CO, Bali,"
Jemap, 2020
Kotler & Keller. 2016. Marketing
Management 15th edition. Penerbit
Pearson, India.
Made Nafshya Ananda Putri, I Putu Gede
Sukaatmadja. “Peran Brand Image
Memediasi Pengaruh Kualitas Produk
Terhadap Niat Beli Ulang Pada Sepatu
Merek Adidas Di Kota Denpasar”. EJurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 11,
Basrah Saidani, Samsul Arifin. “Pengaruh
Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan
Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat
Beli Pada Ranch Market”. Jurnal Riset
Manajemen Sains Indonesia (JRMSI)
|Vol. 3, No. 1, 2012.
Ayudya Amaranggana, Gede Bayu
Rahanatha. “Peran Kepuasan Dalam
Memediasi Pengaruh Kualitas Produk
Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada
Produk Lipstick Merek Purbasari Di Kota
Denpasar”. E-Jurnal Manajemen Unud,
Vol. 7, No. 12, 2018.
Chelsea Nauly, Saryadi. “Pengaruh Brand
Image Dan Kualitas Produk Terhadap
Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan
Konsumen J.Co Donuts & Coffee Java
Supermall Kota Semarang”. Jurnal
Administrasi Bisnis, Vol. X, No. 2 | 2018.
P. A. G. A. Kotler, Principle Of Marketing,
e Global, New York: Pearson Education
Limited, 2018.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra,
, Service, Quality and Satisfaction,
Andi, Yogyakarta
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan
Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo
Press.
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen
Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan
Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada
Media.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian.
Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit
Alfabeta, Bandung.
Sulistiyowati, W.(2018). Kualitas layanan
teori dan aplikasinya. UMSIDA PRESS,
Jawa Timur.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian.
Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit
Alfabeta, Bandung
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis
Multivariate dengan Program SPSS 25.
Badan Penerbit Universitas Diponegoro,
Semaran