Analisis pengaruh Expense Ratio, Turnover Ratio, Ukuran Reksadana dan Cashflow terhadap kinerja reksdana dengan menggunakan metode sharpe periode tahun 2007-2011

Main Article Content

Annuridya Octasylva

Abstract

Reksa dana adalah sarana investasi yang sederhana dimana setiap orang dengan tujuan investasi jangka panjang yang sama mengumpulkan dana mereka. Kemudian mereka menunjuk manajer yang profesional untuk mengelola dana tersebut sesuai dengan tujuan investasinya.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Expense Ratio, Turn Over, Ukuran Reksadana dan Cash Flow terhadap Kinerja Reksadana dengan menggunakan Sharpe’s Index. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data bulanan NAB, expense ratio, turnover ratio dan cash flow dari 24 Reksa Dana saham  pada periode 2007-2011.Dari hasil penelitian diketahui bahwa tidak semua parameter memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja reksadana saham. Namun Expense Ratio, Turnover Ratio, Ukuran Reksa dana, dan Cash Flows secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Reksa Dana Saham.

Article Details

Section
Articles

References

Manurung, Adler Haymas. Memahami Seluk Beluk Instrumen Investasi. Jakarta : PT. Adler Manurung Press, Edisi Pertama .2008.

Pratomo, Eko Priyo & Nugraha, Ubaidillah. “Reksa Dana Solusi Perencanaan Investasi di Era Modernâ€; Cetakan Ketiga. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2004.

Manurung, Adler H. Reksadana. Adler Manurung Press.Jakarta. 2003.

Jogiyanto, Teori Portofolio Dan Analisis Investasi. Edisi ketiga, Yogyakarta, BPFE. 2003.

Pratomo, Eko Priyo, Ubaidillah Nugraha, .Reksadana Solusi Perencanaan Investasi di Era Modern, Edisi Revisi, Jakarta, PT. Gramedia Pustakan Utama, 2009.

Pratiwi, Widya, “Pengaruh Expense Ratio, Turnover Ratio, Ukuran Reksa dana, Cash Flow Terhadap Kinerja Reksadana (Periode Tahun 2005-2007)â€, Skripsi, Universitas Diponegoro, Semarang. 2010.

Gujarati, Damodar. Dasar-Dasar Ekonometrika.Jakarta: Erlangga. 2006.