Strategi Meningkatkan Kualitas Produk Guna Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Six Sigma dan Quality Function Deployment
Main Article Content
Abstract
Persaingan didunia industri semakin ketat, sehingga kualitas menjadi faktor penting guna memenuhi
kebutuhan konsumen. PT. XYZ merupakan perusahaan maklon untuk obat tradisional dan kosmetik.
Produk yang dihasilkan antara lain adalah produk herbal. Kemasan menjadi salah satu bagian penting
dari produk herbal, namun pada bagian ini ditemukan defect yang tinggi. Metode six sigma dengan
pendekatan DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) dapat digunakan untuk
mengetahui jenis defect, dan memperbaiki proses guna meningkatkan kualitas produk. Sedangkan
Quality Function Deployment (QFD) digunakan untuk mengetahui aspek penting konsumen dalam
membeli produk serta memperhatikan aspek teknis guna meningkatkan kualitas produk. Responden
berjumlah 60 orang pengguna produk tersebut. Pengamatan dilakukan pada bulan Januari sd
Desember tahun 2022. Temuan penelitian menunjukkan bahwa temuan Six Sigma sejalan dengan
temuan QFD. Temuan Six Sigma menunjukkan reject tertinggi adalah tutup bocor dan perbaikan
proses yang perlu diperhatikan adalah avaibility mesin dan skill operator. Temuan QFD menunjukkan
atribut penting bagi konsumen adalah mudah menyimpan dan desain kemasan tidak mudah rusak. Hal
ini menunjukkan bahwa perbaikan tutup bocor dapat dilakukan dengan membuat kemasan tidak
mudah rusak sehingga mudah menyimpan. Leverage point untuk perbaikan produk adalah
perancangan desain kemasan (nilai absolute importance tertinggi dari QFD, yaitu 4.3
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright for articles in this journal are retained by the author(s), with first publication rights granted to the journal. By virtue of their appearance in this open access journal, articles are free to use with proper attribution in educational and other non-commercial settings.References
Gaspersz, Vincent, “Total Quality
Management,” PT. Gramedia Pustaka
Utama Jakarta, 2005.
Singgih, L.Moses dan Renanda. 2008.
Peningkatan Kualitas Produk Kertas
Dengan Menggunakan Pendekatan Six
Sigma di Pabrik Kertas Y. Jurnal Teknik
Industri, Surabaya: Institut Teknologi
Sepuluh November.
Pereira, M. T., Inês Bento, M., Ferreira, L.
P., Sá, J. C., & Silva, F. J. G. (2019). Using
Six Sigma to analyse Customer Satisfaction
at the product design and development
stage. Procedia Manufacturing
Rathilall, R., & Singh, S. (2018). A lean six
sigma framework to enhance the
competitiveness in selected automotive
component manufacturing organisations.
South African Journal of Economic and
Management Sciences.
Santoso, S. 2007. Seri Solusi Bisnis
Berbasis TI: Total Quality Management
(TQM) dan Six Sigma. ElMedia
Komputindo. Jakarta.
Paiva, C.L. dan Ana L.D.P. 2012.
Employment of the Quality Function
Deployment (QFD) Method in the
Development of Food Products, Scientific,
Health, and Social Aspects of the Food
Industry.University Federal of Minas
Gerais. Brazil.
Hidayat, A. 2007. Strategi Six Sigma: Peta
Pengembangan Kualitas dan Kinerja
Bisnis. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Evans, Lindsay. 2007. Pengantar Six Sigma
an Introduction to Six Sigma And Process
Improvement.Jakarta: Salemba Empat.
Perdana, P.R dan Yuliawati, Evi. 2014.
Integrasi Metode FMEA Dan TOPSIS
Untuk Menganalisis Risiko Kecelakaan
Pada Proses Frame And Fork Welding,Vol.
, No. 1 Hal: 112, ISSN : 1963-6590
Parwati, Niken dan Nugroho, Yoga, Arif
(2013). Analisis Kualitas Pelayanan Pada
Rumah Sakit Ibu dan Anak XYZ. Jurnal
Ilmiah Teknik Industri (2013), Vol.1,No.1,
hal 38-45
Sower, V.E. 2011. Essentials of Quality:
With Cases and Experiental Exercises.
John Wiley and Sons, Inc. Hoboken
B. John and A. Areshankar, “Reduction of
Rework in Bearing End Plate Using Six
Sigma Methodology: A Case Study,” J.
Appl. Res. Ind. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 10–
, 2018, doi:
22105/jarie.2018.120059.1033.
H. H. Purba, A. Nindiani, A. Trimarjoko,
C. Jaqin, S. Hasibuan, and S. Tampubolon,
“Increasing Sigma levels in productivity
improvement and industrial sustainability
with Six Sigma methods in manufacturing
industry: A systematic literature review,”
Adv. Prod. Eng. Manag., vol. 16, no. 3, pp.
–325, 2021, doi:
14743/APEM2021.3.402