Pengaruh Brand Image Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan UMKM Kuliner

Main Article Content

Annuridya Octasylva

Abstract

Dunia pemasaran saat ini dalam kondisi persaingan yang semakin ketat dengan berbagai macam produk yang ditawarkan di pasar yang memiliki kualitas dan inovasi yang beragam. Perusahaan dituntut untuk tetap eksis agar dapat bertahan dalam bisnisnya tersebut, maka perusahaan melakukan cara seperti melakukan berbagai inovasi baru dan mengembangkan perusahaan untuk memperoleh laba optimal serta dapat memperkuat citra merek dalam menghadapi persainganBrand image sebagai variabel yang mempengaruhi atau variabel bebas (X1).Kualitas produk sebagai variabel yang mempengaruhi atau variabel bebas (X2).Kepuasan konsumen sebagai variabel yang mempengaruhi atau variabel bebas (X3). Loyalitas pelanggan UMKM Kuliner sebagai variabel yang dipengaruhi atau variabel terikat (Y). variabel Brand Image (X1) memberikan nilai sumbangan efektif sebesar 75,3%, variabel Kualitas Produk memberikan nilai sumbangan efektif sebesar 70,4%, dan variabel Kepuasan Konsumen memberikan nilai sumbangan efektif sebesar 80,7%.Brand Image memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelangan UMKM Kuliner. Kualitas Produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelangan UMKM Kuliner.Kepuasan Konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelangan UMKM Kuliner.Brand Image, Kualitas Produk, dan Kepuasan konsumen secara simultan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelangan UMKM Kuliner.

Article Details

Section
Articles

References

Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran. Jilid 2, Alih Bahasa: Benyamin Molan. Edisi Ketiga. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid. Alih bahasa Bob Sabran. Jakarta: PT. Indeks.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi pemasaran. Edisi ketiga. Yogyakarta: Andi

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1dan 2 . Edisi ke 13. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Durianto, D. Sugiarto & Sitinjak, T. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Keller, Kevin Lane. 1993. Conseptualizing, Measuring, and Managing CustomerBased Brand Equity. Journal of Marketing.

Aaker, David, A. dan Alexander, L. Biel, 2009, Brand Equity and Advertising: Advertising Role In Building Strong Brand, Lawrence Erlbaum Associates, Inc., Hillsdale.

Assauri, Sofjan.2009. Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi. Edisi Pertama. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Rambat, Lupiyoadi dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa.Edisi Kedua. Jakarta; Salemba Empat.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi ketujuh. Yogyakarta : Andi.

J. P. Satya Tripayana, "Kualitas Produk, Pelayanan, Dan Loyalitas Pelanggan Dimana Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada UKM Start Up Pariwisata Kombuchi Brewing CO, Bali," Jemap, 2020.

P. A. G. A. Kotler, Principle Of Marketing, 17e Global, New York: Pearson Education Limited, 2018.

Joko. Riyadi. (1999), Gerbang Pemasaran. Penerbit Gramedia, Jakarta.

Griffin, Customer Loyalty, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2005.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Gusti Nyoman Bagus Dananjaya, Ni Made Rastini. “Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kober Mie Setan Di Kota Denpasar”. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 10, 2018.

Ayudya Amaranggana, Gede Bayu Rahanatha. “Peran Kepuasan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Lipstick Merek Purbasari Di Kota Denpasar”. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 12, 2018.

Made Nafshya Ananda Putri, I Putu Gede Sukaatmadja. “Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Ulang Pada Sepatu Merek Adidas Di Kota Denpasar”. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 11, 2018.

Chelsea Nauly, Saryadi. “Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen J.Co Donuts & Coffee Java Supermall Kota Semarang”. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. X, No. 2 | 2018.

Basrah Saidani, Samsul Arifin. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market”. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |Vol. 3, No. 1, 2012.

Riki Hardiansyah, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengguna Layanan Streaming Netflix”. Institut Teknologi Indonesia, Tangerang Selatan, Skripsi 2021.