Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Go-Ride di Kota Tangerang Selatan Pada Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Afina Putri Vindiana

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi berbagai sektor, salah satunya sektor transportasi berbasis online. Agar tetap bertahan pada masa pandemi, analisis mengenai kepuasan pelanggan dapat dilakukan oleh penyedia layanan jasa, khususnya transportasi berbasis online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan, dan harga terhadap kepuasan konsumen Go-Ride dimasa pandemi Covid-19 di Kota Tangerang Selatan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) dan menggunakan Software SmartPLS3. Responden berjumlah 114 orang yang merupakan pengguna Go-Ride di Kota Tangerang Selatan. Hasil penelitian menunjukkan: 1).Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Go-Ride dimasa pandemi Covid-19 dengan nilai 0.152 dan P value 0.001. 2). Kepercayaan berpengaruh kuat dan sgnifikan terhadap kepuasan konsumen Go-Ride dimasa pandemi Covid-19 dengan nilai 0.211 dan P value 0.021. 3). Harga yang diberikan oleh Go-Ride berpengaruh sgnifikan terhadap kepuasan konsumen Go-Ride dimasa pandemi Covid-19 dengan nilai 0.589 dan P value 0.000. 4). Hasil GoF dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model dapat dinyatakan kuat dan memiliki kecocokan dengan variabel yang diteliti dengan nilai 0.452.

Article Details

Section
Articles

References

R. Oktarini, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Aplikasi Gojek Di Kota Tangerang,” J. Sekr. Univ. Pamulang, vol. 6, no. 2, p. 248, 2020, doi: 10.32493/skr.v6i2.5541.

https://databoks.katadata.co.id/ datapublish/2022/12/08/gojek-vs-grab-mana-yang-konsumen-lebih-banyak

Kurniawan, Andri. "Analisis Keunggulan Bersaing Go-Jek dan Grab di Wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara/Andri Kurniawan/24130390/Pembimbing: Tony Sitinjak." (2017).

Badan Pusat Statistik, “Katalog: 3101028,”

Anal. Has. Survei Dampak COVID-19 terhadap Pelaku usaha, p. vi+ 22 halaman,

P. F. Yanti, “Mengukur Kualitas Pelayanan pada Ojek Online di Masa Pandemi,” Pros. Ind. Res. Work. Natl. Semin., pp. 940–947, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/2833/2212.

D. G. A. Adnyana and N. W. S. Suprapti, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Gojek Di Kota Denpasar,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 7, no. 11, p. 6041, 2018, doi:10.24843/ejmunud.2018.v07.i11.p09.

N. E. Kartika, “Fitur Aplikasi Gojek Favorit Konsumen Pada Saat Pandemi COVID-19 Di Kota Bandung,” J. Communio J. Jur. Ilmu Komun., vol. 9, no. 2, pp. 1680–1695, 2020, doi: 10.35508/jikom.v9i2.2922.

Nasrullah, Achmad Rizal, Nurul Qomariah, and Achmad Izzudin. "PENGARUH TINGKAT KEPERCAYAAN, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) CABANG JEMBER.".2019.

S. Wahyuning, “済無No Title No Title No Title,” Anal. Standar Pelayanan Minimal Pada Instal. Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang, vol. 3, pp. 103–111, 2015.

C.Meidiasari."Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Dan Loyalitas Pelanggan GOJEK (Study Kasus Mahasiswa Universitas Mercu Buana Meruya Fakultas Ekonomi Dan Bisnis) Diss. Universitas Mercu Buana,pp.1-10,2016.

V. Susanti and C. Hadi, “Kepercayaan Konsumen dalam Melakukan Pembelian Gadget secara Online,” Psikol. Ind. Dan Organ., vol. 02, no. 01, pp. 55–33, 2013.

A. Sudirman, F. Halim, and R. J. Pinem, “Kepercayaan Sebagai Pemediasi Dampak Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek,” J. Pemasar. Kompetitif, vol. 3, no. 3, p. 66, 2020, doi: 10.32493/jpkpk.v3i3.4822.

Dr. Meithiana Indarsari,"Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan"edisi pertama, Surabaya Jawa Timur,utomopress, pp. 1-166,2019.

R. M. S. Prihartono, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise),” Jimea, vol. 4, no. 1, pp. 106–113, 2020, [Online]. Available: http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1490064&val=12596&title=ANALISIS KOMPARATIF PENGUKURAN KINERJA ENTITAS SYARIAH DENGAN BALANCE SCORECARD DAN MASLAHAH SCORECARD.

K. Kasinem, “Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat,” J. Media Wahana Ekon., vol. 17, no. 4, p. 329, 2020, doi: 10.31851/jmwe.v17i4.5096.

K. Fadhli and N. D. Pratiwi, “Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang,” J. Inov. Penelit., vol. 2, no. 2, pp. 603–612, 2021, [Online]. Available: https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/684.

S. Haryono, “Metode SEM untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS, LISREL, PLS,” Badan Penerbit PT. Intermedia Pers. Utama, p. 450, 2016.

R. R. Marliana, “Partial Least Square-Structural Equation Modeling Pada Hubungan Antara Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dan Kualitas Google Classroom Berdasarkan Metode Webqual 4.0,” J. Mat. Stat. dan Komputasi, vol. 16, no. 2, p. 174, 2019, doi: 10.20956/jmsk.v16i2.7851.

G. Participaton, E. The, M. Roles, and O. Procedural, “ANALISIS SEM-PLS,” 2015.

A. Permata and Y. B. Bhakti, “Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19,” JIPFRI (Jurnal Inov. Pendidik. Fis. dan Ris. Ilmiah), vol. 4, no. 1, pp. 27–33, 2020, doi: 10.30599/jipfri.v4i1.669.

I. G. N. M. Jaya and I. M. Sumertajaya, “Pemodelan Persamaan Structural dengan Partial Least Square,” Semnas Mat. dan Pendidik. Mat. 2008, pp. 118–132, 2008.

A. H. Hutasoit, “Pengaruh Tarif Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Yang Berdampak Kepada Loyalitas Masyarakat Kota Medan Menggunakan Transportasi Grab-Car,” pp. 4–16, 2019.

Awaluddin, I., & Setiawan, M. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan, Nilai, Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan Rumah Tangga (Perusahaan Daerah Air Minum Kota Kendari). Jurnal aplikasi manajemen, 10(4), 733-740.