Pengujian Laminar Dan Homogen Angin Pada Terowongan Angin Kecepatan Rendah Dengan Honeycomb Di Laboratorium Renewable Energy Prodi Teknik Elektro ITI

Main Article Content

Edwin Kamal
Sri Yatmani
Adi Setiawan

Abstract

Terowongan angin merupakan fasilitas yang digunakan untuk menguji karakteristik suatu disain teknis seperti turbin angin yang akan dilalui oleh suatu udara bergerak (angin). Turbin angin tersebut akan memutar generator dan menyuplai listrik pada sistem kelistrikan yang ada. Terowongan angin yang layak cenderung memiliki output angin yang tingkat laminar dan homogennya cukup baik. Terowongan angin di Laboratorium Renewable Energy Program Studi Teknik Elektro ITI merupakan tipe blow/tiup yang memang memudahkan dalam disain strukturnya. Metode pengujian laminar dari angin yang dihasilkan menggunakan sumber asap yang cukup besar dan melihat aliran asap tersebut apakah berupa garis lurus atau cenderung memutar pada 9 kuadran di ruang test output dari terowongan angin tersebut. Sedangkan pengujian homogen dengan mengukur kecepatan angin dengan anemometer pada setiap kuadaran tersebut dan melihat kedekatan hasil pengukuran dari semua kuadaran. Pengujian kali ini kelanjutan dari sebelumnya dengan penambahan fasilitas honeycomb yang berfungsi untuk menghasilkan angin yang lebih laminar. Dari pengujian didapatkan 88,9% (8 kuadran) menunjukkan angin laminar dan hanya 11,1% (1 kuadran) yang masih terlihat turbulensi), ini merupakan peningkatan yang significant dari pengujian sebelumnya dan merupakan pengaruh dari pemasangan honeycomb tersebut. Sedangkan tingkat homogen menunjukkan fluktuasi angin hanya 8,74%. Hal ini menunjukkan terowongan angin tersebut layak digunakan penelitian lebih lanjut

Article Details

Section
Articles

References

Adhi Prasetyo, "STUDI POTENSI PENERAPAN DAN PENGEMBANGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN DI INDONESIA," Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Pakuan, 2019.

Ahmad Marabdi Siregar, "RANCANG BANGUN WIND TUNNEL SEDERHANA UNTUK ALAT PENDUKUNG STUDI EKSPERIMENTAL," MEKANIK Teknik Mesin ITM, pp. 92-97, 2016.

Fernando Porté-Agel, "Wind-Turbine and Wind-Farm Flows: A Review," Department of Engineering, Durham University, Durham UK, RESEARCH ARTICLE 2019.

Jhon Fiter Siregar, "PERANCANGAN ALAT UJI GESEKAN ALIRAN DI DALAM SALURAN," Jurnal FEMA, vol. 1, no. 1, Januari 2013.

Hengki Purwanto, "RANCANG BANGUN WIND TUNNEL MENGGUNAKAN SMOKE GENERATOR PADA AERODINAMIKA KENDARAAN," in Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Pranata Laboratorium Pendidikan Politeknik Negeri Jember, Jember, 2019.