Implementasi Algoritma Artificial Neural Network Dalam Pembuatan Chatbot Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing

Main Article Content

Nia Agustina Purwitasari
Muhamad Soleh

Abstract

Perkembangan kecerdasan buatan telah dimanfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang hukum. Hukum di Indonesia memiliki banyak peraturan perundang-undangan yang membuat masyarakat kesulitan dalam mencari dan mengetahui peraturan yang ada. Oleh sebab itu, dibutuhkan sebuah aplikasi bernama “Peraturanku” yang dapat memudahkan masyarakat dalam mencari informasi mengenai peraturan perundang-undangan. Aplikasi dilengkapi dengan fitur chatbot yang merupakan penerapan dari kecerdasan buatan. Chatbot merupakan teknologi yang mengolah masukan berupa teks dan kemudian menghasilkan kata kunci untuk memberikan respon atau jawaban. Penggunaan chatbot dapat memudahkan pengguna dalam berkomunikasi dan mendapatkan informasi mengenai pertanyaan seputar peraturan yang ada pada aplikasi. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis terhadap pembangunan chatbot menggunakan algoritma Machine Learning yaitu Artificial Neural Network dan pendekatan Natural Language Processing. Tahapan yang akan dilakukan adalah pengumpulan dataset, text preprocessing dan pengklasifikasian data. Tahapan text preprocessing akan diolah menggunakan pendekatan Natural Language Processing, dimana hasilnya akan digunakan dalam proses pelatihan data menggunakan algoritma Artificial Neural Network untuk menghasilkan model chatbot. Model kemudian diuji dengan menggunakan 35 percakapan yang berbeda dan berhasil menjawab tepat sebanyak 33 percakapan dan mendapatkan tingkat akurasi tinggi sebesar 94,28% dan kesalahan 5,71%. Model chatbot tersebut kemudian disimpan ke dalam file dengan format TensorFlow Lite untuk digunakan dalam aplikasi “Peraturanku”.

Article Details

Section
Articles

References

A. Ahmad, “Mengenal artificial intelligence, machine learning, neural network, dan deep learning,” dalam Jurnal Teknologi Indonesia, 2017.

G. A. Lambonan, R. Sengkey, dan X. B. N. Najoan, “Rancang bangun aplikasi ensiklopedia hukum indonesia berbasis android,” dalam Jurnal Teknik Informatika, 14(3), 2019.

B. R. Ranoliya, N. Raghuwanshi, dan S. Singh, “Chatbot for university related faqs,” dalam 2017 International Conference on Advances in Computing, Communications and Informatics (ICACCI), hlm. 1525-1530, 2017.

P. Devikar, “Transfer learning for image classification of various dog breeds,” dalam International Journal of Advanced Research in Computer Engineering and Technology (IJARCET), hlm. 2707-2715, 2016.

D. A. C. Rachman, R. Goejantoro dan F. D T. Amijaya, “Implementasi Text Mining Pengelompokkan Dokumen Skripsi Menggunakan Metode K-Means Clustering,” dalam Jurnal EKSPONENSIAL, 11(2), hlm. 167-174, 2020.

M. Uma, V. Sneha, G. Sneha, J. Bhuvana, dan B. Bharati, “Formation of SQL from Natural Language Query using NLP,” dalam International Conference on Computational Intelligence in Data Science (ICCIDS), hlm. 1-5, 2019.

W. T. H. Putri dan R. Hendrowati, “Penggalian Teks Dengan Model Bag of Words Terhadap Data Twitter,” dalam Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran, dan Ilmu Kesehatan, 2(1), hlm. 129-138, 2018.

Y. I. Al Barsh, et al, “MPG Prediction Using Artificial Neural Network,” dalam International Journal of Academic Information Systems Research (IJAISR), hlm. 7-16, 2020.

F. Mustakim, Fauziah dan N. Hayati, “Algoritma Artificial Neural Network pada Text-based Chatbot Frequently Asked Question (FAQ) Web Kuliah Universitas Nasional,” dalam Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 5(4), hlm. 439-447, 2021.

Webb G.I. (2011) Overfitting. In: Sammut C., Webb G.I. (eds) Encyclopedia of Machine Learning. Springer, Boston, MA. https://doi.org/10.1007/978-0-387-30164-8_623