Manfaat Metode Beton Pracetak pada Pembangunan Rusun Sewa (Proyek Studi : Rumah Susun Sewa PUPR) Manfaat Metode Beton Pracetak pada Pembangunan Rusun Sewa (Proyek Studi : Rumah Susun Sewa PUPR)

Main Article Content

rachmi yanita
Romadhon MS

Abstract

Pada perencanaan proyek konstruksi harus mempertimbangkan project constrain. Pada proyek dengan dana APBN dan  kontrak single year perlu dipertimbangkan constraint waktu yang akan menentukan metode konstruksi yang tepat. Pada proyek studi Rusun Sewa tipe 36/3 lantai dari Dirjen Penyediaan Perumahan PUPR dengan metode cast ini situ (cor ditempat), dibeberapa lokasi di revisi dengan metode pracetak untuk percepatan sehingga dapat selesai pada akhir tahun. Maka pada penelitian ini dilakukan analisis perbandingan proses konstruksi, waktu dan biaya pada  pelaksanaan kolom,balok dan pelat lantai antara metode cast in situ terhadap metode pracetak.  Dengan metode pracetak, diperoleh percepatan waktu sebesar 3 minggu sehingga pekerjaan dapat selesai sesuai kontrak. Sedangkan pada aspek biaya diperoleh penghematan biaya 0,15% dibandingkan metode cast in situ. Hal ini menunjukkan perlunya pemilihan metode konstruksi yang tepat sesuai project constraint pada saat proses pelelangan proyek.


 


Kata Kunci : metode pracetak, efisiensi biaya dan waktu, project constraint


 


 

Article Details

Section
Articles

References

A. Soedrajat Sastraatmaja. Analisa Anggaran Biaya Pelaksanaan. Penerbit Nova, Bandung. 1984.

PT. Brantas Abipraya. Dokumen Metode Pelaksanaan Pekerjaan Rusun Sewa PUPR, 2018.

Jawat I.W. Metode Pelaksanaan Konstruksi Revetment, PADURAKSA, Volume 6 No. 2 Desember 2017.

Dipohusodo, I. Manajemen Proyek & Konstruksi. Jogjakarta: Kamisius. 1996.

Frederika A, A.A. Wiranata, Kadek Riska Larasati. Perbandingan Biaya dan Waktu Pelaksanaan Pekerjaan Balok Struktur Beton Gedung Antara Metode Konvensional dengan Precast, Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 18, No. 2, Juli

Najoan C.H, Jermias Tjakra, Pingkan A.K. Pratasis. Analisis Metode Pelaksanaan Plat Precast Dengan Plat Konvensional Ditinjau Dari Waktu Dan Biaya (Studi Kasus: Markas Komando Daerah Militer Manado), Jurnal Sipil Statik Vol. 4 No. 5. 319-327. 2016

Ervianto W.I, Eksplorasi Konstruksi Dalam Proyek Konstruksi, Yogyakarta: Andi Offset. 2006.

Batubara, Iqbal. Teknologi Bahan (Beton

Precast). Medan: Departemen Teknik

Sipil. 2012.

Nurjannah, S.A. Perkembangan Sistem

Struktur Beton Pracetak Sebagai Alternatif pada Teknologi Konstruksi Indonesia yang Mendukung Efisiensi Energi serta Ramah Lingkungan, Prosiding Seminar Nasional AvoER ke 3, Palembang, 26-27 Oktober 2011.

Yulistianingsih, Trijeti. Perbandingan Pelaksanaan Dinding Precast Dengan Dinding Konvensional Ditinjau Dari Segi Waktu & Biaya, Jurnal Konstruksi Volume 6 Nomer 1 Desember 2014.

Arditi, D & Patel, B.K. Impact analysis of owner directed acceleration. Journal of Construction Engineering and Management, ASCE, vol 115. 1989.

Sugiarto A.R, M. Hamzah Hasyim, Saifoe El Unas. Analisis Risiko Dari Penggunaan Kurva-S Dalam Monitoring Proyek Gedung-X Di Kota Batu, Agustus 2016.