Pengembangan Produk Kosmetik Pelembab Wajah dengan Metode Kansei Engineering

Main Article Content

Nina Aminatur Rohmah
Gadih Ranti
Benny C H Nendissa

Abstract

PT L’Essential adalah perusahaan yang bergerak dibidang kosmetik dan kosmeseutikal, mengedepankan inovasi dalam pembuatan produknya sehingga produk yang dihasilkan dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Kesuksesan perusahaan juga tidak luput dari peran konsumen yang cenderung memilih produk sesuai dengan keinginan mereka. Namun, konsumen biasanya menyampaikan keinginan mereka dalam bahasa abstrak yang tidak dapat ditangkap dengan indera manusia. Oleh karena itu diperlukan suatu metode yang dapat menerjemahkan keinginan konsumen. Kansei Engineering merupakan sebuah metode pengembangan produk yang dapat menerjemahkan perasaan konsumen menjadi komponen desain yang riil. Penelitian ini menggunakan metode Kansei Engineering untuk mendefinisikan keinginan konsumen yang teridentifikasi melalui Kansei Word yang berhubungan dengan produk yang akan dikembangkan yaitu produk Pelembab Wajah. Kemudian dilakukan Analisis MANOVA untuk mengetahui konsep desain yang paling disukai konsumen berdasarkan Kansei Word. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan 10 pasang Kansei Word yang layak untuk dijadikan parameter desain. Berdasarkan hasil Analisis MANOVA terhadap 4 konsep desain yang diusulkan terdapat konsep desain yang disukai oleh konsumen yaitu konsep desain D12, karena paling unggul pada 5 Kansei Word. Konsep desain D12 memiliki spesifikasi bentuk isi Gel, warna isi Tidak Berwarna, aroma isi beraroma Buah, memiliki fungsi melembabkan dan menyegarkan kulit serta dikemas dalam kemasan Tube.

 

Kata kunci: Kansei Engineering, Kansei Word, Analisis MANOVA, Konsep desain.

Article Details

Section
Articles