Analisis Sektor dan Komoditas Unggulan Dan Strategi Pengembanganya Di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten

Main Article Content

mohamad haifan

Abstract

Abstrak

 

Pemilihan strategi pembangunan wilayah  perlu mempertimbangkan sektor dan komoditas ungulan di wilayah tersebut. Potensi sektor dan komoditas unggulan diharapkan  dapat dimanfaatkan secara maksimal guna meningkatkan kontribusinya terhadap pendapatan daerah dan mendorong sektor-sektor lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan  sektor dan komoditas unggulan serta strategi pengembangannya di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Metode penelitian dilakukan secara diskripti- kuantitatif. Data diolah dan dianalisis  menggunakan analisis Tipologi Kiassen dan analisis Location Quotient (LQ). Berdasarkan hasil analisis menunjukkan,  bahwa sektor pertanian, kehutanan dan perikanan merupakan sektor unggulan dibanding sektor-sektor lain pembentuk PDRB Kabupaten Lebak. Sektor pertanian, perkebunan dan perikanan rata-rata tumbuh dengan laju sebesar 8,39 persen, sedangkan kontribusinya terhadap PDRB Kabupaten Lebak sebesar 26,50 persen. Komoditas unggulan pertanian  untuk subsektor tanaman pangan adalah padi sawah,  subsektor hortikultura (sayuran) adalah kacang panjang, subsektor hortikultura (buah-buahan) adalah pisang, subsektor perkebunan adalah kelapa, subsektor peternakan adalah kerbau dan kambing dan subsektor peternakan/ unggas adalah ayam pedaging. Arahan pengembangan  masing-masing komoditas unggulan sesuai dengan subsektornya mengacu pada kerangka sistem agribisnis

Article Details

Section
Articles

References

Daftar Pustaka

Arsyad, Lincoln. Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi daerah. Yogyakarta: BPFE. 1999.

Djakapermana, RD. Pengembangan Wilayah melalui Pendekatan Kesisteman. Bogor : IPB Press. 2010.

Rustiadi, E., Saefulhakim S, Panuju, D.R. Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Jakarta : Crestpent Press dan yayasan Obor Indonesia. 2009

Saragih, B. Kumpulan Pemikiran Agribisnis: Paradigma Baru Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian. Jakarta : Yayasan Persada Mulia Indonesia. 1998.

Pahlevi, N. Pengembangan Potensi Ekonomi Kabupaten Lebak : Studi Kasus Kawasan Agropolitan Kecamatan Wanasalam. Tesis Program Magister Perencanaandan Kebijaka Publik, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, Jakarta. 2011.

Adisasmita, R. Dasar-dasar Ekonomi Wilayah. Yogyakarta : Graha Ilmu. 2005.

Rachbini, D.J. Pembangunan Ekonomi dan Sumberdaya manusia. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia. 2001.

Rahman, Handewi. Penentuan Komoditas Unggulan Nasional di Tingkat Provinsi. Makalah Lokakarya : Sintesis Komoditas Unggulan Nasional. Bogor. 2003.

Rosdiana, Dede. Analisis Komoditas Unggulan Pertanian dan Strategi Pengembangannya di Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat. Jurnal Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor, Bogor. 2011.

Hidayah, I. Analisis Prioritas Komoditas Unggulan Perkebunan Daerah Kabupaten Buru. J. Agrika : 4 (1), hal 1-8. 2010.

Hendayana, R. Aplikasi Metode Location Quotient (LQ) Dalam Penentuan Komoditas Unggulan Nasional. Informatika Pertanian : 12 (3), hal 1--21. 2003.