Pengelolaan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Kompetensi Spencer-PDI Sebagai Dasar Pemberian Insentif

Main Article Content

Mutiara Eka Puspita

Abstract

PT XYZ merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia yang menjalankan usaha di bidang manufaktur kosmetik dan memasarkan hasil produksinya baik ke pasaran domestik maupun ekspor. Selama ini PT XYZ khususnya di Depertement Purchasing belum menerapkan sistem penilaian kinerja yang komprehensif untuk karyawannya. Sistem penilaian PT XYZ masih dilakukan secara subjektif sehingga pemberian insentif untuk setiap karyawannya menjadi kurang objektif sehingga berakibat pada ketidakpuasan karyawan dan menurunnya produktivitas kerja. Dalam jurnal ini dilakukan perancangan form penilaian kinerja dengan berbasis kompetensi Spencer dan PDI untuk level staff Purchasing. Adapun langkah-langkah proses perancangan form penilaian kinerja dimulai dari penentuan kriteria penilaian, penentuan tingkat kepentingan tiap kriteria dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), dan penyusunan form penilaian kinerja. Penentuan kriteria penilaian dilakukan dengan menggabungkan antara kriteria penilaian yang disesuaikan dengan kondisi di lapangan serta aspek kompetensi yang ada di dalam kamus kompetensi (Spencer-PDI). Berdasarkan pengolahan data, didapatkan hasil pembobotan untuk masing-masing kriteria penilaian kinerja yaitu keterampilan administratif sebesar 13.72%, pengetahuan organisasi sebesar 21.87%, strategi organisasi sebesar 15.59%, komunikasi sebesar 21.60%, kemampuan interpersonal sebesar 6.71%, kepeminpinan sebesar 5.23%, kemampuan berfikir sebesar 6.55%, motivasi diri sebesar 4.37%, dan motivasi sebesar 4.37%. Sistem pemberian insentif memiliki range penilaian untuk hasil penilaian kinerja dengan nilai akhir sangat kurang dan kurang tidak diberikan insentif, untuk nilai akhir cukup diberikan insentif sebesar 0.5 kali gaji, untuk nilai akhir baik diberikan insentif sebesar 1 kali gaji, dan untuk nilai akhir sangat baik diberikan insentif sebesar 2 kali gaji sesuai dengan budget maksimal yang diberikan perusahaan.

   

Kata kunci : Penilaian kinerja, Kompetensi, Analytical Hierarchy Process (AHP), Insentif

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Mutiara Eka Puspita, Institut Teknologi Indonesia

Prodi Manajemen

References

Effendi T. Marihot. 2002. Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian dan Peningkatan Produktivitas Pegawai. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hanggraeni, Dewi. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Mondy, R. Wayne. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kesepuluh Jilid 1

Susanto, Yanitra Anggraeni. 2008. Perancangan Penilaian Kinerja Karyawan Berdasarkan Metode Kompetensi Spencer Di PT Tekun Asas Sumber Makmur. Jakarta: Universitas Bina Nusantara