Evaluasi Penggunaan Alat Ukur Denyut Jantung Untuk Pengukuran Beban Mental dan Kelelahan Mental

Main Article Content

Mega Bagus Herlambang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi alat ukur denyut jantung yaitu Polar Heart Rate Monitor dalam mengukur tingkat beban mental yang berbeda-beda dan mendeteksi terjadinya kelelahan mental. Penggunaan alat ukur ini jauh lebih praktis dan ekonomis jika dibandingkan dengan ECG (Electrocardiography), yang biasanya digunakan dalam penelitian laboratorium. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui parameter yang paling sensitif dalam mendeteksi tingkat beban mental yang berbeda-beda. Beberapa parameter yang dibandingkan adalah rataan denyut jantung, standar deviasi denyut jantung, koefisien α (konstanta DFA), koefisien D (konstanta Dispersional Analysis). Sebanyak 18 reponden yang terdiri dari 9 reponden laki-laki dan 9 responden perempuan dilibatkan dalam penelitian ini. Responden melakukan aktivitas mental dalam 3 tahapan proses aritmatika, yakni penjumlahan (beban mental rendah), pengurangan (beban mental sedang) dan perkalian (beban mental tinggi) masing-masing selama 20 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Polar Heart Rate Monitor sensitif untuk mendeteksi tingkat beban mental yang berbeda dengan mencari HRV (Heart Rate Variability) yakni dengan menggunakan nilai standar deviasi denyut jantung dan koefisien α. Kelelahan mental tidak dapat dideteksi baik dengan keempat parameter denyut jantung yaitu rataan denyut jantung, standar deviasi, koefisien α dan koefisien D.

Article Details

Section
Articles

References

DiDomenico, A. And Nussbaum, M.A. Interactive Effects of Physical and Mental Workload on Subjective Workload Assessment. Virginia Tech, USA. 2007.

Goodie, J.L. et al. Validation of the Polar Heart Rate Monitor for Assessing Heart Rate During Physical and Mental Stress. West Virginia University. 2000.

Hardcore Stress Management.cStress Statistics.(http://www.hardcore-stress-management.com/stress-statistics.html, Diakses 15 April 2015).

Meshkati N. & Hancock P.A. Human Mental Workload. California. 1988.

Proactive Change. Stress & burnout statistics.(http://www.proactivechange.com/stress/statistics.htm, Diakses 15 April 2015).