Integrasi Entry Point DataPuskesmas dengan Membangun Software Pengolahan Data

Main Article Content

katri wida yani

Abstract

Salah satu  pembangunan dibidang kesehatan Kota Tangerang Selatan antara lain  pembenahan dan penambahan  puskesmas. Dimana puskesmas merupakan  garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Kebijakan Pemda Tangsel dibidang layanan kesehatan masyarakat yaitu :

a. Beberapa puskesmas diberikan tambahanan pelayanan rawat inap.

b. Bagi masyarakat yang memiliki KTP kota Tangerang Selatan, diberikan pelayanan  pemeriksaan kesehatan.

Oleh karena itu data yang harus diolah akan bertambah banyak, sehingga untuk pelayanan optimal perlu adanya pengolahan data. Data yang yang harus diolah antara lain pendaftaran pasien, resep/ obat yang diberikan, penggunaan laboratorium , stock obat digudang dan lain-lain, dalam hal ini tidak akan terkaver jika pengolahan data dilakukan hanya dengan menggunakan  aplikasi Excell dalam bentuk tabel yang disimpan dalam beberapa  file yang berbeda-beda. Hal ini menyulitkan dalam pembuatan laporan rutin, karena data terpisah-pisah dan berada pada bagian masing-masing, sehingga satu set data bisa disimpan pada berbagai bagian, yang mengakibatkan data dobel (redudant).  Untuk itu perlu dibangun S/W aplikasi yang mengintegrasikan seluruh data, sehingga mepermudah dalam pembuatan laporan rutin maupun insidentil. Analisis sistem yang dilakukan yaitu pendaftaran pasien langsung dienty petugas,  sistem menyimpan kedalam data base, semua bagian yang terhubung dapat mengakses data pasien  tersebut  sesuai dengan kebutuhannya. Perkembangan  teknologi sistem informasi dan teknologi komunikasi  sangat sesuai untuk penyelesaian masalah ini. Oleh karena itu dibutuhkan suatu  aplikasi teknologi informasi kesehatan yang memiliki  jejaring  yang komprehensif untuk dapat digunakan oleh seluruh elemen Puskesmas yang terkait dalam pengolahan data dan pemberian jasa pelayanan kesehatan. Dengan dibangunnya software  aplikasi Pegolahan Data ini, maka data akan tersimpan secara terintegrasi pada database. Hal ini akan memudahkan dalam pengambilan kembali baik untuk pencarian data & informasi maupun pembuatan laporan rutin, karena dengan menggunakan Query sesuai kebutuhan user. Selain kemudahan dalam  pengambilan data kembali, sekaligus dapat dilakukan peningkatan kualitas pelayanan.

 

Kata kunci: informasi, integrasi, pengolahan data, puskesmas

Article Details

Section
Articles

References

Noname, Dinas Kesehatan Tangerang Selatan, Maret 2013. Website http://dinkestangsel.blogspot.com/p/serpong.html.

Endang Ratnawati D. 2013. Pemetaan Fasilitas Kesehatan kota Tangsel berbasis web GIS. Prosiding penelitian ITI.

Rio Rahmawati. 2012. Teknologi Informasi Kesehatan pada Tatanan Pelayanan Kesehatan dan Jejaringan.

Raymond McLeod, Jr. 2001. Sistem Informasi Manajemen. Prenhallindo Jakarta.

Endang Rahayu Sedyaningsih. 2011. Puskesmas & Rumah sakit disiapkan paperless tahun ini. http://puskesmastulakanpacitan.wordpress.com/puskesmas-rumah-sakit-mulai-disiapkan-paperless-tahun-ini/

Kenneth E. Kendall, Julie E. Kendall. 2003 Analisis dan Perancangan Sistem. Prenhallindo Jakarta.

Shalahudin, Muhammad dan Rosa Ariani S. 2011. Modul Pembelajaran Rekaya Perangkat Lunak, Penerbit Modula. Bandung.