Analisis Startegi Pemasaran dengan Analisa SWOT untuk Meningkatkan Daya Saing di PT XYZ

Main Article Content

Annuridya Octasylva

Abstract

PT XYZ adalah perusahan yang bergerak dalam bidang manufaktur ,dengan produk-produk antara lain sofa, matras, cushian, dan upholstery bed. Pelanggan produk perusanaan ini terdiri dari pelangan lokal dan ekspor, di antaranya inoac living, mijirushi, ichiba, ikea, conforama,the home merchant (ekspor) dan lain-lain.

Permasalahan yang terjadi pada perusahaan ini adalah bagaimana sterategi pemasaran yang harus diterapkan agar perusahaan dapat menghadapi persaingan dengan bertambahnyan jumlah competitor yang menghasilkan produk-produk sejenis.  Dan juga melihat dari penjual produk terjadi penurunan  akibat adanya persaingan tersebuat. Dalam menentukan posisi perusahaan yang tepat didasarakan pada hasil perhitungan  faktor strategi internal dan eksternal dan akan di uraikan pada matrikd ini berdasarkan internal dan ekstrnal  matriks dengan nilai skor IFAS = 2,6 dan EFAS = 2,9.  Dalam matriks internal dan eksternal (IE) nilai tersebut berarati perusahaan yang berada posisi integritas horizontal , dimana produk mengalami pertumbuhan tetapi tidak memiliki keuntungan laba yang besar. Perusahaan harus melakukan perubahan untuk mencapai pertumbuhan baik dalam penjualan, asset, profit, atau kombinasi dari ketiganya. Hal ini diciptakan dengan kompetitif harga, mengembangkan produk baru, perluasan jaringan pemasaran, menambah kualitas pelayanan terhadap pelanggan atau konsumen baru serta meningkatkan akses pasar yang lebih luas. Dari perhitungan matriks SPACE PT  XYZ berada pada starategi konservatif,  starategi konservatif paling sering disebuat penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk dan diversifikasi konsentrik. Biaya perbaikan untuk pemasaran adalah Rp. 632.060.000 sedangkan forecast margin tahun 2009 adalah Rp.6.015.120.000. maka biaya perbaikan untuk pemasaran tercover oleh total margin tahun 2009. Sehingga strategi dapat layak diimplementasikan dalam rangka menikatkan penjualan dan meningkatkan daya saing.

Agar perusahan dapat berkembang dan mengalahkan pesaing maka perusahaan harus terus menikatkan kreativitas jenis produk, menekan biaya produksi, melakukan promosi secara online marketing dan mengkuti penyelenggaraan pemeran agar konsumen dapat mengetahui produk XYZ, peningkatan penjualan baik dengan kerjasama dengan para distributor yang memiliki showroon di tempat strategis dan juga penjualan langsung kepada konsumen dengan mereka sendiri.

 

Kata Kunci :Startegi Pemasaran, Analisis SWOT

Article Details

Section
Articles